- Back to Home »
- TIK »
- PROGRAM PENGOLAH KATA DAN ANGKA
Posted by : Unknown
Senin, 24 November 2014
1.
MICROSOFT WORD (Program Pengolah Kata)
Sebagaimana yang kita ketahui, MS
WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun
makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada
dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu
mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk
mengingatkan kembali berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak
terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu
default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+Font) Pembuatan Numbering. Biasanya,
pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan
dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu,
harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan
peraturan pembuatan suatu dokumen.
Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view
berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan
kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen.
Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada
kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk
mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen
terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya :
halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar
Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst
diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis
halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next
Page).
Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin
4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap
section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page
Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak
nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak
ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert
+ header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat
diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu
References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan
tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar
tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka
daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman
pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update
field.
Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis
adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan
dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update
daftar tabel)
Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat
dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu
View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan
diedit dapat berlangsung lebih cepat)
Kegunaan Microsoft Word Adalah sebagai Berikut:
1. Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran
yang kecil dengan format yang beragam. Sebagai contoh saja ya, anda bisa
mewarnai teks, menyisipkan gambar, dan lain-lain.
2. Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya
format: .XML, .HTML, dan .RTF dan .TXT
3. Bisa ditambahkan addon. Misalnya
pada microsoft word 2003 kita tidak bisa membuka atau menyimpan dokumen dalam
format .docx atau format office 2007. Maka kita bisa menginstall sebuah addon
yang bisa berfungsi untuk menyimpan dalam format .docx dengan office 2003. atau
juga bisa membuka dokumen .docx dalam office 2003.
4. Dengan Microsoft word kita bisa
memformat tulisan/ dokumen kita beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai,
menyisipkan gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain.
Dengan kata lain, microsoft word ini formatnya sangat lengkap.
5. Bisa membuat dokumen web. Misalnya
anda mau membuat file berformatkan .HTML anda bisa menggunakan microsoft word.
Dan mengupload ke server hosting anda. Namun ada sedikit kelemahan, yaitu: tata
letaknya kurang bagus alias amburadul..hehe
6. Bisa melihat tampilan cetak. Dengan
fitur ini anda bisa memastikan tulisan/ dokumen anda sudah mantap J . alias
sudah sempurna baik dalam formatnya ataupun dalam tata letak halamannya.
2.
FUNGSI DAN KEGUNAAN MICROSOFT EXEL (Program Pengolah Angka)
Microsoft Excel merupakan perangkat
lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,
penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak
ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang
paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang
dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks
adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak
perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau
penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Untuk
lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini:
Istilah-istilah dalam Excel
1) Cell : merupakan bagian
terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255
karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3,
cell D5
2) Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan
65536 baris.
3) Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet
(berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4) Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama
sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai
dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range
mulai dari cell A4 sampai cell D6
5) Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk
rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6
,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6) Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan
baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula
$A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7) Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan
baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula
bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula
pada C3 menjadi $A$1*5
8) Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda
dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis
Rumus
1.
Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika
anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang
digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a.
= : sama dengan
b.
> : lebih besar dari
c.
< : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e.
<= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan
2.
Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang
sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses
perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya
penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label,
rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda
kurung ().
A.
Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang
digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan
pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1) Fungsi If : Bentuk penulisannya :
=If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah) Contoh : =If(A5<17,”anakanak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2) Fungsi String Fungsi string
berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
a. Fungsi VALUE : digunakan untuk
merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya : =VALUE(text)
b. Fungsi FIND : digunakan untuk
menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang
dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
c. Fungsi MID : digunakan untu
mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :
=MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
d. Fungsi LEFT atau RIGHT : digunakan
untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT
atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
e. Fungsi REPLACE : digunakan untuk
menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan
karakter atau karakter), penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah
karakter,text baru)
f. Fungsi CONCATENATE : digunakan untuk
menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya :
=CONCATENATE(text1,text2,…)
B.
Fungsi Tabel :
Fungsi
HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP)
atau secara horizontal (HLOOKUP), penulisanya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…) =VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1) fungsi Sum : Digunakan untuk menjumlahkan
sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2) Fungsi Average : Digunakan untuk mencari nilai
rata-rata, penulisannya : =average(number1,number2,…)
3) Fungsi Max : Digunakan untuk mencari nilai
tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4) Fungsi Min: Digunakan untuk mencari nilai
terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5) fungsi Count : Digunakan untuk menghitung jumlah
data dari range yang kita pilih
6) Fungsi Stedev : Digunakan untuk menentukan
standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7) Fungsi Var : Digunakan untuk menentukan nilai
varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Kelebihan Ms Excel
1) Buat grafik data dalam satu sel
Dengan Sparklines, fitur baru di
Excel 2007 dan 2010, Anda dapat membuat grafik kecil dalam satu sel dengan
cepat menemukan pola dalam data Anda. Ini merupakan cara cepat dan mudah untuk
menyorot data penting seperti mengurutkan dari kecil ke besar atau sebaliknya,
ini menghemat waktu Anda.
2) Tepat di titik sasaran – data yang
benar dengan cepat
Excel 2007 dan 2010 memberikan
perangkat tambahan filter baru dan menarik untuk PivotTables Anda. Fitur
Slicer menyediakan untuk Anda dengan banyak visualisasi tampilan PivotTable
Anda sehingga Anda dapat memilah-milah secara dinamis dan menyaring data untuk
menampilkan sesuai apa yang Anda butuhkan. With the new search filter, you can
spend less time sifting through large data sets in your tables and PivotTable
views, and more time analyzing. Dengan pencarian baru filter, Anda dapat
menghabiskan waktu kurang memilah-milah kumpulan data besar dalam tabel Anda dan
pandangan PivotTable, dan lebih banyak waktu menganalisis.
3) Meng-akses spreadsheet Anda darimana
saja
Post your spreadsheets online and
then access, view, and edit wherever from just about any computer or your
Windows Mobile-based smartphone. Post spreadsheet Anda secara online dan
kemudian mengakses, melihat, dan mengedit manapun dari hampir semua komputer
atau smartphone berbasis Windows Mobile. With Excel 2007 and 2010, you can take
advantage of a best-in-class spreadsheet experience across multiple locations
and devices. Dengan Excel 2007 dan 2010, Anda dapat mengambil keuntungan dari
pengalaman spreadsheet terbaik di kelas di beberapa lokasi dan perangkat.
Microsoft Excel Web App. Microsoft Excel Web App. Edit documents in a Web
browser when you’re away from your office, home, or school without compromising
the quality of your viewing experience. Edit dokumen dalam browser Web ketika
Anda berada jauh dari kantor, rumah, atau sekolah tanpa mengorbankan kualitas
pengalaman menonton anda. Microsoft Excel Mobile 2007 and 2010. Stay current
and take immediate action when necessary using the mobile version of Excel
specifically suited to your smartphone. Tetap saat ini dan mengambil tindakan
segera bila diperlukan menggunakan versi mobile Excel khusus cocok untuk
smartphone Anda.
4) Connect, sharing, dan mencapai
lebih banyak saat bekerja sama
Co-authoring through the Microsoft
Excel Web App makes it possible for you to edit the same spreadsheet with
others simultaneously from different locations. Co-authoring melalui Microsoft
Excel Aplikasi Web memungkinkan Anda untuk mengedit spreadsheet yang sama
dengan orang lain secara bersamaan dari lokasi yang berbeda. You can see who’s
working on a spreadsheet with you at the same time. Anda dapat melihat siapa
yang bekerja pada spreadsheet dengan Anda pada waktu yang sama. All
modifications are instantly shown and flagged so you can see where others are
editing and who those editors are. Semua modifikasi yang langsung ditampilkan
dan ditandai sehingga Anda dapat melihat di mana orang lain yang mengedit dan
siapa orang editor.
5) Bertambah lebih canggih dalam
presentasi data
Conditional Formatting in Excel 2007
and 2010 gives you more control over styles and icons, improved data bars, and
the ability to highlight specific items in a few clicks. Conditional Formatting
di Excel 2007 dan 2010 memberi Anda kontrol yang lebih gaya dan ikon, bar data
yang lebih baik, dan kemampuan untuk menyorot item tertentu dalam beberapa
klik. You also can display data bars for negative values to more accurately
illustrate your data visuals. Anda juga dapat menampilkan bar data untuk nilai
negatif untuk lebih akurat menggambarkan visual data Anda.
6) Manfaatkan PivotCharts lebih
interaktif dan dinamis
Quickly gather more insights with
the ability to display different data views directly in a PivotChart,
independent of PivotTable views, to analyze and capture the most compelling
picture of your numbers. Cepat mengumpulkan wawasan lebih dengan kemampuan
untuk menampilkan data yang berbeda pandangan langsung di PivotChart,
independen dari pandangan PivotTable, untuk menganalisis dan menangkap gambar
yang paling menarik nomor Anda.
7) Lakukan hal-hal yang lebih mudah dan
cepat
Excel 2007 dan 2010 simplifies how
you access features. Excel 2007 dan 2010 menyederhanakan bagaimana Anda fitur
akses. The new Microsoft Office Backstage™ view replaces the traditional File
menu to let you save, share, print, and publish your spreadsheets with just a
few clicks. Microsoft Office Backstage baru melihat ™ menggantikan menu File
tradisional untuk membiarkan Anda menyimpan, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan
spreadsheet Anda hanya dengan beberapa klik. And, with the improved Ribbon, you
can access your favourite commands even more quickly by customizing tabs or
creating your own to personalize the experience to your work style. Dan, dengan
Ribbon ditingkatkan, Anda dapat mengakses perintah favorit anda bahkan lebih
cepat dengan menyesuaikan tab atau membuat Anda sendiri untuk mempersonalisasi
pengalaman dengan gaya kerja Anda.
8) Efisien model dan menganalisis
hampir semua data
The PowerPivot for Excel add-in , a
free download, provides groundbreaking technology such as streamlined
integration of data from multiple sources and lightning-fast manipulation of
large data sets with up to millions of rows. The PowerPivot untuk Excel add-in
, download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien
data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan
sampai jutaan baris. Business users can effortlessly publish and share analysis
through Microsoft SharePoint Server 2010, and have other users enjoy the same
Slicer, PivotTable, and fast-query capabilities when working on their Excel
Services report Pengguna bisnis mudah dapat mempublikasikan dan analisis saham
melalui Microsoft SharePoint Server 2007 and 2010, dan memiliki pengguna lain
menikmati Slicer sama, PivotTable, dan kemampuan cepat-query ketika bekerja
pada laporan Jasa Excel mereka
9) Lebih memanfaatkan kekuatan untuk
membangun lebih besar dan more complex spreadsheet
Power users and analysts rejoice! Power pengguna dan bersukacita
analis! With the new 64-bit version of Excel 2007 and 2010, massive amounts of
information are easier to analyze than ever before. Dengan versi 64-bit baru
Excel 2007 dan 2010, sejumlah besar informasi lebih mudah untuk menganalisis
daripada sebelumnya. Analyze large, complex datasets greater than the
2-gigabyte file size limit of previous Excel versions. Menganalisis besar,
kompleks dataset lebih besar dari batas ukuran file 2-gigabyte versi Excel
sebelumnya.
10) Publish and sharing melalui layanan
Excel
SharePoint Server 2010 and Excel
Services integration lets business users share analysis and results across
their organization by publishing spreadsheets to the Web. SharePoint Server
2010 dan Excel integrasi Jasa memungkinkan pengguna bisnis analisis saham dan
hasil dalam organisasi mereka dengan penerbitan spreadsheet ke Web. Build a
business intelligence dashboard and share sensitive business information more
broadly with co-workers, customers, and business partners in a
security-enhanced environment. Membangun intelijen bisnis dashboard dan berbagi
informasi bisnis sensitif secara lebih luas dengan rekan kerja, pelanggan, dan
mitra bisnis dalam lingkungan keamanan yang ditingkatkan.
Yang Sering Dilihat !
-
LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA MENURUT UUD 1945 HASIL AMANDEMEN Susunan lembaga-lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia telah...
-
KATA PENGANTAR Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan nafas kehidupan, sehingga saya dapat meny...
-
PROGRAM PENGOLAH KATA DAN ANGKA 1. MICROSOFT WORD ( Program Pengolah Kata ) Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD diperguna...
-
PENDAHULUAN Keberadaan hukum internasional dalam tata pergaulan internasional sesungguhnya merupakan konsekuensi dari adanya hubungan...
-
PENDAHULUAN A. Latar Belakang Individu dalam konsep sosiologi, individu lebih cenderung pada subyek yang melakukan sesuatu, subj...